Apakah Belanja Bebas Bea Masih Bernilai Baik?

Siapa pun yang pernah transit di bandara akrab dengan proses yang berulang di bandara di seluruh dunia setiap hari—pelancong memiliki keamanan yang jelas, mungkin kontrol paspor, dan kemudian itu adalah jalan yang panjang dan berliku melalui toko bebas bea.

Belanja bebas bea adalah bisnis besar bagi bandara dan pengecer, tetapi banyak pelancong mungkin bertanya-tanya apakah gimmick tersebut sudah melewati masa jayanya di era belanja internet yang mudah dibandingkan. Hanya sedikit (jika ada) barang yang tidak tersedia bagi konsumen AS di zaman modern, jadi bukankah toko bebas bea hidup lebih lama dari kegunaannya?

Tidak terlalu.
Karena posisinya di bandara internasional, Dilihat dari Berita Terbaru toko bebas bea dapat menawarkan penghematan yang signifikan kepada wisatawan untuk barang-barang tertentu, dan dalam banyak kasus, menawarkan barang-barang lain yang tidak tersedia di tempat lain. Seringkali diperlukan beberapa penelitian untuk menentukan apakah Anda mendapatkan kesepakatan terbaik, tetapi baca terus untuk beberapa tip dan petunjuk tentang belanja bebas bea.

Bagaimana Bebas Bea Dimulai
Tepat setelah Perang Dunia II, maskapai penerbangan di kedua sisi Atlantik memanfaatkan pesawat jarak jauh baru yang telah dikembangkan selama perang untuk menawarkan penerbangan antara Eropa dan Amerika Utara. Pesawat awal ini masih membutuhkan pemberhentian pengisian bahan bakar, dan Bandara Shannon, di pantai barat Irlandia, menjadi titik pengisian bahan bakar umum untuk penerbangan transatlantik.

Penumpang pada penerbangan ini akan turun dari pesawat di Shannon, meregangkan kaki mereka, dan manajer bandara mencari cara untuk memeras beberapa dolar belanja tambahan dari pengunjung sementara. Mereka meyakinkan pemerintah Irlandia untuk menyatakan ruang transit internasional bandara sebagai zona bebas pajak. Idenya adalah bahwa penumpang yang segera berangkat dengan penerbangan internasional tidak akan menghabiskan pembelian mereka di Irlandia dan dengan demikian tidak harus membayar pajak lokal.

Ledakan penjualan yang dihasilkan menarik perhatian bandara lain, yang membuka toko bebas bea mereka sendiri. Konsep ini dengan cepat diperluas untuk memberikan keringanan atas bea yang dibayarkan atas barang-barang impor (karena barang-barang yang dibeli segera sebelum meninggalkan negara tersebut secara teknis tidak diimpor), yang selanjutnya mengurangi harga jual barang-barang tertentu.

Bebas Bea Hari Ini
Sebagian besar toko bebas bea di bandara internasional memfokuskan lini produk mereka pada barang yang biasanya dikenakan pajak lokal atau bea impor yang signifikan. Adalah umum untuk menemukan banyak pilihan kosmetik, minuman keras, tembakau, jam tangan, kacamata hitam, wewangian, dan mode kelas atas. Banyak bandara juga akan memiliki seluruh butik dari perusahaan mode ternama seperti Herms, Louis Vuitton, Tiffany & Co., dan Prada di area bebas bea mereka, yang sering kali dijalankan oleh operator yang sama.
Barang bebas bea dianggap “terikat”, artinya pajak belum dibayarkan untuk barang tersebut, jadi inventaris harus dikontrol secara ketat untuk memastikan hanya pembeli yang memenuhi syarat yang memiliki akses. Ini sering berarti menunjukkan paspor dan kartu boarding di tempat pembelian dan menunggu untuk mengambil pembelian dari troli yang ditunjuk yang dibawa langsung ke pintu pesawat selama boarding.
Apa yang Harus Dibeli Bebas Bea
Sebagai aturan umum, penawaran bebas bea terbaik dapat ditemukan di antara produk yang memiliki “pajak dosa” yang signifikan di AS (umumnya alkohol dan tembakau) atau barang impor yang memiliki bea masuk (hampir semua barang mewah buatan luar negeri mulai dari jam tangan hingga kosmetik).
Dalam kebanyakan kasus, penghematan akan sangat besar pada barang-barang dengan tiket lebih tinggi karena pajak dan bea yang dikenakan pada barang-barang tersebut juga akan lebih tinggi. Penghematan pada sebotol toner kulit seharga $40 mungkin sedikit lebih banyak daripada pajak penjualan lokal, sedangkan penghematan pada krim wajah impor senilai $300 bisa sangat besar.
Alkohol adalah barang di mana penghematan bebas bea dapat sangat bervariasi. Meskipun tidak sering lebih murah daripada ritel AS, masih ada nilai dalam penjualan alkohol bebas bea. Pertimbangan praktisnya adalah para pelancong yang menuju tujuan di mana alkohol secara signifikan lebih mahal daripada di AS; wisatawan cukup mengambil botol favorit mereka di bebas bea untuk membuat koktail sendiri sepanjang perjalanan mereka atau sebagai hadiah untuk teman atau keluarga. Pertimbangan lain adalah bahwa beberapa produsen memproduksi edisi terbatas produk mereka semata-mata untuk pasar bebas bea, sehingga pembeli di pasar untuk edisi langka atau terbatas dari merek favorit mereka akan menemukannya secara eksklusif saat bepergian ke luar negeri.

Toko bebas bea juga menjual berbagai macam barang seperti cokelat buatan lokal atau makanan lainnya, tetapi ini tidak benar-benar dijual sebagai nilai pembelian—ini hanya produk yang relevan untuk pelancong.
Tiba Lebih Awal, atau Rencanakan Terlebih Dahulu
Kunci untuk belanja bebas bea yang efektif adalah perbandingan harga. Wisatawan yang berencana melakukan pembelian bebas bea harus mencatat harga barang di rumah sehingga mereka dapat dengan cepat menentukan jumlah tabungan mereka di toko bebas bea. Pembeli impulsif harus tiba di bandara lebih awal sehingga mereka dapat melihat harga yang sebanding saat berbelanja.
Wisatawan yang berbasis di AS juga harus berhati-hati untuk mempertimbangkan pajak lokal saat membandingkan belanja karena pajak tidak termasuk dalam harga yang ditampilkan (tidak seperti di Eropa, di mana harga yang ditampilkan sudah termasuk pajak). Beberapa barang mungkin tidak tampak menawarkan penghematan sampai pajak penjualan (yang tidak dibebankan di toko bebas bea) dipertimbangkan.
Tentu saja, banyak pembeli hanya akan membeli barang yang mereka inginkan tanpa mempertimbangkan penghematan biaya. Barang bebas bea biasanya diberi harga bersaing untuk pasar global, tetapi masih ada kemungkinan bahwa beberapa barang mungkin, pada kenyataannya, dihargai lebih tinggi daripada harga termasuk pajak di rumah, dan masih bijaksana untuk memeriksa sebelum membeli.
Pertimbangan Bea Cukai
Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa barang yang dibeli di toko bebas bea kemudian dibebaskan dari deklarasi bea cukai, yang tidak benar. Sebagian besar negara tidak membedakan antara barang yang dibeli bebas bea dan barang yang dibeli dibayar bea, dan total gabungan semua barang (tidak termasuk barang pribadi) masih diperhitungkan dalam batas impor individu.
Sebagian besar negara memberlakukan batas nilai yang ditetapkan pada impor barang, dan sangat membantu untuk mengingat hal ini saat berbelanja. Barang di atas batas harus diumumkan di pabean pada saat kedatangan dan dapat dikenakan bea masuk.
Untuk pelancong AS, adalah bijaksana untuk membatasi pembelian bebas bea yang signifikan ke bandara asing. Item tiket besar yang dibeli di toko bebas bea AS sebelum keberangkatan kemungkinan besar tidak hanya dikenakan bea di tujuan asing tetapi juga saat masuk kembali ke Amerika Serikat (karena dibeli di luar zona pabean AS). Toko bebas bea di AS dapat menjadi tempat yang baik untuk membeli hadiah untuk teman di luar negeri, tetapi pelancong juga harus mengetahui jatah bebas bea di tempat tujuan.
Pelancong juga harus menyatakan nilai barang yang mereka impor. Cara termudah untuk membuktikan nilai adalah dengan tanda terima, jadi tanda terima bebas bea harus disimpan, setidaknya sampai pelancong telah menyelesaikan pemeriksaan pabean terakhir dari perjalanan mereka.

Tips Membeli Bebas Bea

  • Pertimbangkan “faktor schlep” saat membeli barang bebas bea, terutama dengan barang cair. Pembelian akan menambah berat dan jumlah bagasi, jadi ada baiknya memastikan bahwa penghematan tidak diimbangi dengan kesulitan dalam pengepakan dan transportasi. 
  • Negara yang berbeda memiliki batasan yang berbeda pada cairan dalam tas jinjing. Beberapa akan mengizinkan cairan yang telah disegel dalam tas oleh toko bebas bea dengan bukti pembelian, sementara di negara lain, mungkin perlu untuk memindahkan cairan besar ke dalam bagasi terdaftar setelah melewati bea cukai tetapi sebelum penerbangan lanjutan. 
  • Pre-order jika memungkinkan untuk menghindari barang habis. Beberapa item hanya tersedia melalui pre-order, dan banyak maskapai penerbangan dan bandara memiliki situs web khusus. Sebagian besar membatasi pembayaran pada waktu dan tempat pengambilan untuk memperhitungkan pembatalan atau pengalihan rute.
  • Bayar dengan kartu kredit yang menawarkan perlindungan pembelian—banyak pengecer besar menerima pengembalian barang dagangan yang cacat, tetapi itu bisa sulit. Kebijakan perlindungan pembelian menawarkan lapisan keamanan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *