Bagaimana memilih bank yang tepat

Ada bank di luar sana untuk semua orang. Dari akun embel-embel rendah hingga sistem canggih yang memungkinkan Anda mengontrol keuangan Anda semua di satu tempat. Jenis bank mana yang tepat untuk Anda tergantung pada bagaimana Anda berencana menggunakannya.

Apakah Anda melihat bank hanya sebagai alat untuk mencapai tujuan? Atau apakah Anda lebih memilih milik Anda untuk membantu mendukung Anda selama perjalanan keuangan Anda? Bank yang Anda pilih akan memberi Anda kemudahan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik hari ini, sekaligus membantu Anda mengamankan masa depan finansial Anda.

Berikut enam hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih bank.

1. Pertimbangkan gambaran yang lebih besar

Anda mungkin terpikat oleh tingkat hipotek super rendah atau rekening tabungan berbunga tinggi. Tapi apakah itu cukup dengan sendirinya?

Terkadang akun berbiaya rendah datang dengan begitu banyak batasan sehingga tidak membantu seperti yang Anda harapkan. Beberapa bank membuat tarif terbaik mereka tergantung pada memiliki setoran minimum setiap bulan, saldo minimum atau bahkan jumlah minimum (atau maksimum) transaksi. Yang lain hanya membayar bunga pada deposito Anda dan bukan bunga majemuk, yang berarti Anda tidak benar-benar menerima tarif utama, sama sekali.

2. Lihat biayanya…

Kami tidak perlu memberi tahu Anda bahwa rekening bank sering kali dikenakan biaya. Tetapi berapa banyak Anda akan membayar dan kapan Anda akan membayarnya sering kali tergantung pada bagaimana Anda menggunakan akun Anda dan bahkan berapa banyak uang yang Anda miliki. Biaya akun transaksi umum meliputi:

  • biaya penyimpanan akun bulanan
  • Biaya ATM, terutama untuk penggunaan ATM bank lain
  • biaya transaksi internasional
  • biaya internet banking
  • biaya cabang.

Katakanlah bank Anda menagih Anda $2,50 setiap kali Anda menggunakan ATM bank lain. Jika Anda melakukannya seminggu sekali, Anda akan membayar lebih dari $10 sebulan hanya untuk biaya ATM. Jika Anda menambahkan biaya penyimpanan akun bulanan $5 ditambah biaya setiap kali Anda mengirim uang ke luar negeri (dan mungkin Anda juga melakukannya sebulan sekali), biayanya akan bertambah dengan cepat.

Cari tahu apa yang mungkin Anda dapatkan dalam biaya berdasarkan gaya hidup Anda saat ini sehingga Anda benar-benar dapat membandingkan bank.

3. Pastikan bank Anda berinvestasi pada alatnya

Sistem perbankan digital yang canggih dapat melakukan lebih dari sekadar menunjukkan transaksi terakhir Anda atau memungkinkan Anda membayar tagihan secara online. Ini dapat membantu Anda mengelola keuangan secara aktif sehingga Anda selalu selangkah lebih maju. Misalnya, apakah bank Anda:

  • memberi Anda gambaran keseluruhan tentang keuangan Anda, termasuk investasi, pinjaman, nilai properti, serta perbankan Anda sehari-hari?
  • membantu Anda mengontrol arus kas Anda dengan menunjukkan pengeluaran Anda secara real time?
  • cari riwayat transaksi Anda dengan cara Anda berbicara – misalnya, ‘berapa banyak yang saya habiskan untuk makan di luar di bulan Januari’ atau ‘#waktu pajak’ daripada harus menelusuri laporan?
  • menunjukkan dengan tepat di peta di mana Anda menghabiskan uang?
  • mengkategorikan pengeluaran Anda secara otomatis menggunakan grafik yang mudah dibaca?
  • izinkan masuk dengan sidik jari di aplikasi selulernya atau biarkan Anda menahan kartu, tanpa repot?
  • membiarkan Anda dengan mudah melampirkan tanda terima ke transaksi apa pun untuk membantu Anda dengan jaminan atas pembelian Anda atau pada waktu pajak?
Pastikan bank Anda memiliki fleksibilitas untuk bekerja dengan Anda kapan pun Anda perlu melakukan investasi besar atau keputusan pembelian.

4. Pertimbangkan tujuan keuangan Anda

Apa yang ada di cakrawala untuk Anda selama lima sampai 10 tahun ke depan? Apakah itu pernikahan? Anak-anak? Bepergian? Rumah yang lebih besar? Properti investasi atau portofolio saham? Memulai bisnis dan meninggalkan 9 sampai 5? Dan apa yang bank Anda lakukan untuk membantu Anda memastikan Anda tetap di jalur dan memiliki keuangan untuk membelinya?

Misalnya, apakah ini memungkinkan Anda menetapkan batas pengeluaran bulanan untuk kategori Anda – pakaian, makan di luar, dll?

Dan apakah itu memungkinkan Anda melihat seluruh gambaran keuangan Anda di satu tempat – bukan hanya nilai saham atau super apa pun – tetapi juga ekuitas yang Anda miliki di rumah Anda, sehingga Anda selalu tahu di mana Anda berdiri, seperti apa kemungkinan Anda dapat meminjam dan apa langkah keuangan Anda selanjutnya?

5. Lakukan analisis biaya-manfaat dari tunjangan

Jika Anda tertarik dengan imbalan atau manfaat yang dapat ditawarkan bank, pastikan itu sesuai dengan gaya hidup Anda saat ini, berikan manfaat yang benar-benar Anda inginkan, dan tidak membebani bumi. Jangan mengubah pola pengeluaran Anda atau berbelanja di toko tertentu hanya untuk memanfaatkannya.

6. Pikirkan daya tanggap

Ketika Anda sedang membangun kekayaan Anda atau hanya menjalani hidup Anda, ada saatnya Anda harus bertindak cepat. Dan Anda ingin memastikan bank Anda akan bertindak cepat juga.

Bisa jadi Anda harus mengalahkan calon pembeli lain yang menyetorkan uang muka ke rumah Anda berikutnya; atau Anda memiliki waktu terbatas untuk memanfaatkan peluang investasi. Apa pun itu, hal terakhir yang Anda butuhkan adalah batasan transaksi yang menghalangi atau prosedur bank yang menunda Anda untuk memindahkan uang Anda.

Jadi, pastikan bank Anda memiliki fleksibilitas untuk bekerja dengan Anda kapan pun Anda perlu melakukan investasi besar atau keputusan pembelian. Jika Anda tidak yakin, hubungi mereka dan tanyakan langsung tentang protokol dan prosedur mereka.Untuk berita lebih lengkap kunjugi Bacadenk.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *