Sepeda: Apa Tipe Saya?

Kemana kamu akan berkendara? Itulah pertanyaan pertama yang diajukan pabrikan sepeda besar kepada pelanggannya saat memilih sepeda. Namun, banyak yang tahu persis apa yang mereka inginkan. Baik mereka pembalap, penjelajah lingkungan, atau pengendara sepeda gunung. Lalu, ada sebagian dari kita yang belum mendapatkan petunjuk tentang pencarian kita untuk ini sebagai sarana baru untuk berolahraga atau petualangan baru.

Benar bahwa salah satu pertanyaan terpenting yang harus Anda pertimbangkan adalah “Di mana saya akan berkendara?” Anda selalu bisa mengantre di masa depan mulai dari jalanan hingga pegunungan, tetapi dari mana Anda akan mulai? Mungkin itu dengan sepeda gunung karena Anda memiliki teman untuk bergabung dalam rezim off-track mereka, atau mungkin Anda menginginkan hibrida yang nyaman untuk bersepeda kota untuk mendapatkan latte pagi Anda. Jadi, pertama-tama, pertimbangkan jalan mana dan pengalaman mana yang Anda inginkan.

Dan tahukah Anda bahwa sepeda yang berbeda akan melatih otot yang berbeda? Jadi, selanjutnya, Anda ingin mempersempit pencarian Anda pada detail latihan tersebut, serta postur tubuh, sudut tubuh, dan kenyamanan.

Dengan banyak jenis sepeda yang dapat dipilih, lihat apakah salah satu sepeda ini sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi Anda:

Sepeda Cruiser

Ini sepeda dasar Anda. Salah satu pabrikan sepeda paling awal, Schwinn, mempopulerkan sepeda klasik ini pada tahun 1930-an. Ini memiliki bagian yang mudah dipasang kembali dan diganti. Pada 1950-an, itu adalah sepeda rekreasi dan keperluan umum di rumah orang Amerika pada umumnya. Itu adalah hadiah yang Anda temukan diparkir di dekat pohon pada pagi hari Natal. Pada tahun 1960-an, tren penampilan off-beat dimulai, terutama pada desain bingkai ketika bingkai segitiga berubah menjadi bentuk melengkung dan bulat, terkadang dengan salah satu batang besi hilang.

Kapal penjelajah paling baik untuk dikendarai di jalan beraspal dan jalanan, tetapi pada akhir 1950-an itu digunakan untuk olahraga juga. Sepeda Cruiser sering dikenal sebagai olahraga roda dua yang tangguh. Meskipun motor sport berbeda dalam hal perilaku, model cruiser BMW terbaru mengimprovisasi tingkat transmisi mereka untuk kecepatan yang lebih tinggi dan model sport saingan.

Sepeda Gunung

Ini dirancang untuk naik dan turun gunung, bukit dan jalan setapak. Bannya tebal dan tebal dengan roda setebal 26 atau 29 inci. Roda yang lebih besar dan ban gemuk membantu sepeda ini berguling di atas bebatuan dan bebatuan dengan mudah. Roda dengan diameter lebih besar ini meningkatkan bobot putaran dan menstabilkan pengendara dalam akselerasi. Suspensinya cukup efisien untuk meredam benturan keras saat bersepeda off-road karena sepeda ini menawarkan cengkeraman ekstra dan kemampuan meredam guncangan. Faktanya, suspensi depan dan belakang penuh sudah menjadi hal yang umum pada kebanyakan sepeda gunung.

Sepeda gunung memiliki rem yang sangat efektif dan banyak roda gigi, serta cukup nyaman untuk dikendarai di dalam kota. Mereka memiliki setang datar dan beberapa dilengkapi dengan ujung batang di setang, meskipun tren penggunaan setang dan ekstensi kehilangan popularitas.

Sepeda Jalan

Sepeda jalan raya adalah jenis yang dirancang untuk dikendarai di permukaan halus dengan kecepatan tinggi. Motor ini ringan dan bannya dipompa untuk meminimalkan gesekan. Dibandingkan dengan sepeda gunung, sepeda jalan raya cenderung mudah bocor. Setang diturunkan untuk mengakomodasi postur yang dirancang untuk mengurangi gesekan dan mencapai kecepatan. Mereka yang menggunakan sepeda jalan raya harus duduk dengan posisi membungkuk. Ini mungkin tidak nyaman jika Anda memiliki masalah punggung. Jika demikian, Anda mungkin ingin memikirkan kembali tujuan Anda untuk berkompetisi di Tour de France di mana sepeda jalan raya dibutuhkan.

Sepeda Tur

Ini mirip dengan sepeda jalan raya tetapi versi yang lebih nyaman. Sepeda touring ini ringan dan dirancang untuk dikendarai dengan kecepatan tinggi di permukaan yang halus. Jarak sumbu roda sepeda touring lebih panjang dibandingkan dengan sepeda jalan raya dan sepeda gunung. Sepeda tur dirancang dengan pelindung lumpur, setang drop, dan rak bagasi.

Sepeda BMX

BMX adalah singkatan dari Bicycle Motocross. Awalnya menunjukkan sepeda yang ditujukan untuk balap sepeda motorcross, istilah “sepeda BMX” sekarang digunakan untuk mencakup sepeda balap untuk permukaan yang halus, serta sepeda yang digunakan untuk balap BMX di jalan tanah, jalan raya, jalan datar, dan gaya bebas. Untuk mencapai bobot yang ringan untuk kecepatan balap, frame BMX dibuat dari berbagai jenis baja, dan aluminium untuk kategori balap. Sepeda yang lebih murah biasanya terbuat dari baja. Sepeda jarak menengah sebagian besar terbuat dari chromoly atau baja tarik tinggi. Sepeda BMX berperforma tinggi menggunakan chromoly 4130 ringan, atau chromoly generasi 3, keduanya adalah baja ringan tapi kuat. Para ahli berbeda pendapat mengenai pilihan aluminium atau chromoly untuk sepeda balap BMX.

Sepeda Hybrid

Menggabungkan fitur sepeda gunung dan sepeda jalan raya, sepeda hybrid menawarkan semua kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis sepeda tersebut. Meskipun didesain agar terlihat seperti sepeda gunung, sepeda hybrid memiliki roda dan ban yang lebih ramping. Manfaat besar dari sepeda hybrid adalah pengendara dapat duduk tegak dan sangat cocok untuk bersepeda di kota. Sepeda hibrida disebut sebagai sepeda “kenyamanan”.

Sepeda Lipat

Sepeda lipat praktis berguna untuk digunakan dalam transportasi umum dan sebagai kaki pertama dan terakhir perjalanan komuter. Banyak sepeda lipat yang tidak dilengkapi pedal, tetapi dapat dibeli secara terpisah.

Jenis apa yang menjadi pilihan utama Anda? Apakah Anda menginginkan olahraga yang hebat, alat transportasi lingkungan yang praktis, pengalaman berpetualang di alam bebas yang luar biasa, tur jalan-jalan jarak jauh di negara asing yang indah, atau awal karier baru dalam olahraga kompetitif? Setelah menentukan pilihan dan meninjau karakteristik sepeda yang berbeda, Anda harus memiliki pengalaman membeli sepeda yang menyenangkan dan sepeda yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *